Jumat, 07 Juni 2013

Desain Rumah Tropis Modern




Berikut ini adalah beberapa desain rumah tropis modern: 
  Tipe 36/72
Gaya modern tercemin dari elemen garis yang di ciptakan oleh dinding batu temple yang disusun secara vertical. Penggunaan warna monokrom putih abu-abu dengan sedikit sentuhan warna kuning membuat rumah terkesan modern. Kosen almunium yang bersifat modern di sandingkan dengan material alami seperti sirap untuk penutup atapnya membuat fasede lebih terlihat tropis. Susunan denah sederhana dengan tidak menggunakan banyak suduk semakin menambah kesan modern ditambah dengan bentuk atap pelana yang kuda-kudanya disusun menyamping.
     Tipe 36/78


Focal point dari rumah tropis modern ini terletak pada bagian teras. Kolom dari batu candi yang berwarna gelap digunakan sebagai bingkai untuk menandai pintu masuk. Di bagian ini juga terdapat atap dan langit-langit yang di buat lebih tinggi. Dinding di bagian lainnya dibuat polos dangan cat warna putih, supaya kolom batu terlihat lebih menonjol. Semantara itu, fasade untuk ruang yang lebih privat beratap lebih rendah. Dinding pada bagian ini di beri aksennat dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Konsennya menggunakan material modern, yaitu almunium yang berwarna hitam.
 
    Tipe 36/80


Eksplorasi pada dinding fesade menjadi pokus penting pada perancangan rumah ini. Penggunaan material batu alam yang dikombinasikan dengan dinding bewarna cerah digunakan sebagai penanda pintu masuk . sementara itu, fasade pada bagian lainnya menggunakan warna cat yang lebih natural .tidak hanya pemilihan warna dan material saja yang beragam, menggunan model pintu dan jendela juga sangat beragam. Pasade rumah ini juga mementingkan faktor proporsinya. Pemilihan ukuran serta bentuk pintu atau jendela yang proporsional membuat ektekita desain fasade semakin bertambah. Sedangkan, pada bagian teras rumah sengaja tidak diberi ornament yang berlebihan supaya suasananya lebih terbuka.
    Tipe 45/84 



Fasade tidak perlu tampil ramai supaya terlihat mahal. Penggunaan material yang minim justru dapat menjadikan rumah tampak menarik. Begitu pula dengan kombinasi warna yang tidak mencolok, seperti warna hitam dan putih. Kompigurasi masa bangunan juga tidak perlu dibuat maksimal. Adanya sedikit eksplorasi pada bentuk kantilever menjadikan tampilan muka rumah ini atraktif. Kesan alami didapat dari pengaplikasian batu tempel disalah satu dinding adan sirap pada ata rumah. Hasilnya, fasade rumah tampak minimalis tapi tetap elegan.
     Tipe 45/ 105



Bagi yang senang berkebun, tanaman dapat mempercantik tampilan muka rumah anda. Caranya mudah, yaitu dengan menjadikan tanaman sebagai dekorasi dinding. Desain rumah ini menghadirkan media untuk tanaman rambat di area terasnya. Selain membuat rumah tampak asri, tanaman ini juga berfungsi sebagai buffer cuaca dan polusi, baik polusi udara maupun suara. Pintu dan jendela terbuat dari kayu agar tampil lebih serasi dengan hijaunya tanaman. Sedangkan, dindingnya menggunakan batu alam yang disusun secara vertical. Variasi warna batu alam yang berbeda-beda membuat rumah tampil tidak membosankan.
     Tipe 45/120


Lahan yang luas memungkinkan terciptanya halaman yang luas. Dengan denah yang tanpa partisi, rumah kecilpun dapat terasa lebih lapang. Apalagi, jika terdapat bukaan yang mengarah ke arah halaman. Adanya pemandangan kea rah luar semakin membuat rumah tampak lebih luas. Untuk tampilan muka rumah, digunakan variasi material yang tidak terlalu banyak. Batu alam di padukan dengan dinding bercat hijau tosca. Kosen pintu dan jendela almunium dipilih yang berwarna putih agar kontras dengan warna lain. Bagian paling menarik deri rumah ini, yaitu pada jendela sudut dan kantilever yang menerus menyerupai dak untuk melindungi akses langsung menuju dapur.
  
Tipe 54/84

 


Pintu masuk tidak perlu terllihat langsung dari depan. Anda bisa mengatur arah pintu tersebut agar lebih tersembunyi. Hal ini juga bisa membuat tamu yang dating merasakan pengalaman ruang yang berbeda. Desain rumah ini masih menggunakan material kayu untuk pintu dan jendelanya. Tidak hanya itu, kayupun digunakan sebagai sunscreen dan entrance dan penutup lantai teras. Supaya kayu lebih awet, maka dibutuhkan kantilever yang cukup lebar untuk melindunginya dari cuaca panas dan hujan. Untuk dindingnya, salah satu sisi dinding dibiarkan tanpa finising. Semantara itu, dinding disisi lain dicat dengan warna pastel yang rentan kotoran di tempeli batu alam sehingga tampilan fasade jadi lebih menarik.
     Tipe 54/ 120


Tidak rumit untuk mendesain rumah ini. Tidak hanya detail-detail yang memerlukan pengerjaan khusus, menjadikan rumah tampak minimalis pintu dan jendela menggunakan kosen kayu. Dinding ruang tamu yang lebih menonjol ke depan menggunakan jendela sudut berupa kaca mati dengan aksen kosen kayu horizontal. Kaca di sudut dinding juga diaplikasikan pada dinding dapur dengan bidang kaca yang lebih kecil. Karena menggunakan kaca mati maka dibutuhkan lubang angin untuk sirkulasi udara. Untuk pemilihan material dindingnya, penggunaan batu alam pada beberapa didnding di jadikan sebagai aksen fadase rumah. Material tersebut membuat kesan alami rumah sangat terasa.

Nah demikian artikel dari blog ini mengenai desain rumah tropis modern semoga bermanfaat….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar